Saturday, May 5, 2007

Thoriqoh Yang Mu'tabaroh

Assalamualaikum warahmatullahi wabaraktuh. Pada suatu pengajian, guru saya, KH. Syeikh Abdul Jalil Thoyyib as-Said (Gus Jalil) di Kudus, menyatakan, tarekat itu ada yang muktabarah dan ada yang tidak. Setelah pengajian usai, saya memberanikan diri bertanya. Beliau menjawab, "Tanyalah pada ahlinya." Maka lewat surat ini saya ingin sekali mengetahuinya. Pertama, bagaimanakah yang muktabarah itu?

Pertanyaan selanjutnya, ada berapakah tarekat yang muktabarah? Wasalamualaikum warahmatullahi wabaraktuh.

Azhari

Jawaban:

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Tarekat muktabarah yang ada di Indonesia ada sebanyak 43 buah, tetapi yang belum muktabarah banyak sekali. Antara yang muktabarah dan yang bukan muktabarah, muamalahnya hampir sama. Perbedaan antara yang muktabarah dan bukan muktabarah adalah dari sanadnya. Seperti kriteria Hadist, ada yang sahih, dhaif (lemah), dan ada pula yang maudhu' (palsu). Kalau yang muktabarah, sudah jelas keabsahannya dan kemutawatirannya, di atas sekadar sahih.

Sekadar mengembalikan ingatan, tarekat ialah ilmu untuk mengetahui hal ihwal nafsu dan sifat-sifatnya, mana yang tercela kemudian dijauhi dan ditinggalkan, dan mana yang terpuji kemudian diamalkan. Tarekat muktabarah adalah aliran tarekat yang memiliki sanad yang muttashil atau bersambung sampai kepada Rasulullah (saw). Beliau menerima dari Malaikat Jibril (as), dan Malaikat Jibril (as) menerimanya dari Allah (Swt). Adapun aliran-aliran tarekat yang dinilai muktabarah sebagai berikut:

(1) Abbasiyyah, (2) Maulawiyyah, (3) Akhbariyyah, (4) 'Alawiyyah, (5) Baerumiyyah, (6) Bakdasyiyyah, (7) Bakriyyah, (8) Bayumiyyah, (9) Buhuriyyah, (10) Dasuqiyyah, (11) Idrisiyyah, (12) Ghazaliyyah, (13) Haddadiyyah, (14) Hamzawiyah, (15) Idrisiyyah, (16) 'Idrusiyyah, (17) 'Isawiyyah, (18) Jalawiyyah, (19) Justiyyah, (20) Kalsyaniyyah, (21) Khadiriyyah, (22) Khalwatiyah, (23) Khalidiyyah wa an-Naqshabandiyyah, (24) Kubrawiyyah, (25) Madbuliyyah, (26) Malamiyyah, (27) Zainiyyah, (28) Qadiriyyah wa an-Naqshabandiyyah,
(29) Rifa'iyyah, (30) Rumiyyah, (31) Sa'diyyah, (32) Sammaniyyah, (33) Sumbuliyyah, (34) Sya'baniyyah, (35) Syadzaliyah, (36) Syattariyyah, (37) Syuhrawiyyah, (38) Tijaniyyah, (39) 'Umariyyah, (40) 'Usyaqiyyah, (41) 'Utsmaniyyah, (42) Uwaisiyyah, dan (43) Ahmadiyyah (bukan aliran Ahmadiyah).