Saturday, May 5, 2007

Rahasia huruf Hijaiyyah

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Pada sebuah buku spiritual disebutkan, setiap huruf Hijaiyah memiliki karakter. Ada yang dingin, sejuk dan panas. Bila rangkaian huruf Hijaiyah dibaca berulang-ulang, akan menimbulkan kekuatan tertentu. Semua kekuatan dari Tuhan, tapi bisa saja Tuhan mengutus jin muslim atau malaikat agar membantu atau memberi kekuatan bagi orang yang membaca berulang-ulang huruf Hijaiyah. Sehingga makhluk gaib bisa dimanfaatkan untuk tujuan tertentu. Benarkan pernyataan di atas? Mohon ulasan . Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.

Ahmad Muiz

Jawaban:

Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh. Allah (Swt) tidak pernah meminta bantuan kepada siapa pun. Tapi Ia bisa memberi perintah kepada setiap hambanya untuk menjaga ayat atau doa-doa yang diturunkan. Sehingga orang yang membaca mendapat pelayanan yaitu mengantarkan si pembaca kepada Allah (Swt). Itu tugas khaddam yang mungkin Anda maksudkan.

Memang benar, setiap huruf Hijaiyah, memiliki kandungan asrar (rahasia) masing-masing. Yang mengetahui hal tersebut adalah orang yang ahli al-asrar atau para wali tertentu. Tidak jarang, mereka tahu makna dan penggunaannya, misalkan alif lam mim, ha mim, dan seterusnya.
Tapi kalau mau mempelajari, sebenarnya mudah. Al-Qur'an adalah gudang segala kebaikan dan kehebatan. Kelebihannya tidak hanya dipandang dari sudut maknawi.

Misalkan, pepohonan kita kenal tidak memiliki mulut. Ada kumis kucing, meniran, temulawak dan sebagainya. Mereka tidak pernah bicara kelebihan dan manfaat yang dimiliki. Tapi orang yang mempunyai ilmu asrar atau rahasia tumbuh-tumbuhan, bisa mengetahui kelebihan itu. Mereka bisa menerangkan bahwa tetumbuhan tertentu mengandung obat untuk penyakit tertentu. Apalagi ayat-ayat Al-Qur'an.