Saturday, May 5, 2007

Amalan Untuk Mendapat Pekerjaan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Saya sudah menganggur selama tiga tahun setelah di-PHK dari kantor saya. Rasanya sulit sekali mencari pekerjaan, sedang saya sudah melamar ke mana-mana, tetapi belum berhasil. Saya juga sudah mencoba berdagang kecil-kecilan, tetapi selalu rugi. Mohon amalan dan doa supaya cepat mendapat pekerjaan tetap yang barakah. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.

Abdullah

Jawaban:

Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh. Manusia hidup memang wajib mencari nafkah. Namun dalam mencari pekerjaan, tidak mesti hanya menjadi pegawai, negeri ataupun swasta. Banyak pekerjaan lain yang bisa dilakukan, yang penting halal dan baik.

Mencari ilmu sejak muda merupakan bekal hidup di dunia hingga akhirat. Dari ilmu atau keterampilan yang kita miliki secara individu, kita bisa menjadi manusia yang profesional, yaitu menekuni pekerjaannya sendiri—apa pun jenis pekerjaannya. Janganlah cepat mengeluh atau putus asa dalam menghadapi gelombang kehidupan ini. Saya yakin, di dalam kehidupan ini manusia tidak akan selalu menangis, karena Allah Ta'ala tidak mempunyai sifat ingkar janji kepada orang yang bertaqwa kepada-Nya. Karena itu, berusaha, walaupun berdagang kecil-kecilan, misalnya, lebih baik daripada tangan di bawah.

Saya dorong, sesuai dengan janji Allah bahwa barangsiapa bertaqwa, maka akan diberi segala kemudahan, entah itu kemudahan akhirat dulu yang diberikan, atau kemudahan duniawi. Atau sebaliknya. Kita harus bersabar.

Selanjutnya, orang-orang yang dekat kepada Allah (Swt) akan diberikan kelapangan setelah menempuh kesulitan. Apabila kita menemui gelombang dalam menempuh bahtera kehidupan, tidak akan selamanya gelombang itu akan mendera kita. Nanti akan kita temukan arus tenang yang akan menghantar kita kepada kebahagiaan dan ketenangan.

Yang penting, sejauh mana keyakinan kepada Allah (Swt), setelah kita menghadapi segala gelombang atau cobaan kehidupan itu. Saya sarankan, jangan lupa kalau malam menjalankan shalat Tahajud. Mendekatkan diri kepada Allah, dan mohon kepada Allah untuk tiga perkara: minta barakah umurnya, rezeki yang barakah, dan putra-putri yang membawa berkah.

Satu lagi permintaan kepada Allah (Swt), supaya kehidupan kita diatur oleh Allah, sehingga dapat menemukan kebahagiaan di dunia maupun di akhirat. Maka, jangan lupa membaca surah Al-Quraisy 21 kali setiap habis Maghrib, karena sabda Nabi (saw), "Barang siapa membaca surah Al-Quraisy 21 kali, akan dijauhkan dari segala bentuk kefakiran." Arti kefakiran itu sangat luas, seperti fakir ilmu, fakir pekerjaan, dan fakir harta benda.