Saturday, May 5, 2007

Bermimpi Seorang Ulama

Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh. Saya sering bersilaturahmi kepada para ahli agama, termasuk ke tiga bulan yang lalu. Masalah saya adalah kesulitan ekonomi atau utang-utang yang sangat tidak mungkin terbayar dari penghasilan. Wirid-wiridnya insya Allah selalu saya kerjakan dan bahkan dibantu oleh anak-istri saya.


Saya bermimpi didatangi Aa' Gym, diberi kertas putih yang ada tulisan Haromin dengan tinta merah. Kedua, saya bermimpi didatangi wanita berjilbab putih, memanggil dan menghardik sambil berkata, "Kamu sedang puasa, kok mulut kamu bau?" Kemudian, "Bacalah Surah Al-An'am ayat 1, 2, dan 3, untuk membersihkan mulut kamu." Saya membacanya setelah wirid setelah shalat.


Ketiga, saya bermimpi didatangi tiga orang berjubah putih pada saat wirid tengah malam, persis satu orang di hadapan saya dan dua orang di belakang saya, tidak jelas mukanya. Tetapi tidak ada dialog apa pun.


Keempat, saya bermimpi, setelah wirid malam saya didatangi diri saya sendiri, "Kamu tidak usah repot-repot, bacalah 'Mukhaladun, Yunzifun, Ya Takhoyarun, Yastahun'." Setelah bangun, saya baru tahu, ternyata itu adalah kalimat-kalimat yang terdapat di dalam surah Al-Waqi'ah ayat 17- 21


Saat ini wirid-wirid yang saya kerjakan setelah shalat, pertama membaca, "La illáha illallah" sebanyak 165 kali, doa hizib Sulaiman, doa Siti Fatimah, Surah Al-An'am ayat 1 sampai 3, dan shalawat Istighosah.


Kedua, setelah shalat Subuh, ditambah Al-Fatihah sebanyak 40 kali dan shalawat Ibrahim empat puluh kali. Ketiga, setelah shalat Asar, ditambah Al-Waqi'ah satu kali, An-Nasr enam kali, Al-Quraisy satu kali, shalawat Kamilah sebelas kali.


Keempat, setelah shalat Magrib, ditambah Al-Falaq 70 kali dan An-Nas sebanyak tujuhpuluh kali. Kelima, setelah shalat Hajat atau Tahajud, shalawat Istigasah dan wirid, "Wa Subha a'alya rizqo subba tarakhmat fa anta raja'ul alamina walau thaghat" minimal masing-masing seratus kali. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Agus

Jawaban:

Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh. Sebetulnya yang ringan saja. Setelah shalat Ashar membaca Surah Al-Waqi'ah sekali, Surah al-Fath sebanyak enam kali, Al-Quraisy sekali, shalawat Nariyah sebelas kali. Namun kalau ingin amalan yang lebih banyak, setelah shalat Maghrib atau Isya, sebagaimana dikatakan Syekh Syadzili, dan kalau kita ingin kesusahan-kesusahan duniawi dihilangkan, bacalah An-Nas sebanyak tujuh puluh kali dan Al-Falaq juga sebanyak tujuh puluh kali.


Sedang kalau tengah malam, sebagaimana diajarkan Rasulullah (saw), membaca "Ya Latif", shalawat, di samping shalat Tahajud. Selain itu, untuk menambah ilmu bagaimana mendekatkan diri kepada Allah, kita harus belajar kepada para ulama.


Tentang makna-makna mimpi itu, tidak semua orang bisa mengerti. Karena itu, yang penting adalah memenuhi syarat-syarat orang tidur, sebagaimana Rasulullah (saw) mengajurkan kepada kita, apa yang mesti kita lakukan ketika akan tidur. Bila akan tidur, beliau tidak pernah meninggalkan wudhu. Kemudian membaca doa tidur dan membaca Basmalah 21 kali. Jika mengamalkan ini, insya Allah, kita akan dijauhkan dari mati mendadak dalam tidur.


Untuk masalah mimpi-mimpi, kita jangan percaya kepada keterangan yang tidak jelas. Sebab hal itu terjadi karena kita tidur dengan tidak memenuhi syarat sebagaimana yang dianjurkan Rasulullah (saw). Kalau kita akan tidur, berniatlah yang baik. Contohnya, "Ya Allah, aku tidur untuk menjaga kesehatanku, dan menaati perintah-Mu, supaya subuhku tidak ketinggalan."