Saturday, May 5, 2007

Pentingnya Berthoriqoh

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Langsung saja pada pertanyaan. Mohon berkenan menerangkan kepada saya, apa penting dan perlunya kita mengikuti tarekat? Selain itu, mohon kiranya berkenan menuliskan wirid-wirid yang harus dibaca pada tarekat yang berbeda itu. Sekadar usulan dan harapan, barangkali kiranya akan lebih baik, dan itu saya pandang penting, agar wirid-wirid tarekat yang berbeda tersebut bisa dibuatkan dalam satu rangkuman buku kecil sebagai bonus. Agar lebih mudah dalam membaca dan menghafalkannya, karena bisa dibawa bepergian. Kiranya itu saja pertanyaan yang saya ajukan, dan atas perhatian saya ucapkan terima kasih. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Abdullah Luthan

Jawaban:

Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh. Setelah membaca jawaban ini, besar harapan saya, Anda bisa segera mengikuti umat Islam yang lain, yang sudah terlebih dahulu mengikuti tarekat. Karena memang tarekat itu memiliki makna yang penting. Siapa sih yang ingin memiliki hati yang kotor? Dan siapa sih orang yang ingin hatinya melupakan dan semakin tambah lupa kepada Allah (Swt)? Di sinilah pentingnya tarekat yaitu melepaskan kedua penyakit hati yang sangat berbahaya. Jelasnya, untuk mengatasi kealpaan dalam hati dan menghilangkan noktah atau kotoran yang ada. Untuk menghapus hijab atau dinding pembatas yang terdapat dalam dirinya, yang mengakibatkan sifat lalai serta banyak lupa kepada Allah (Swt).


Kalau seseorang ingin hatinya bersih dan membersihkan hati, paling tidak ia akan tertarik dengan tarekat itu sendiri. Karena di antara fungsi yang terdapat dalam tarekat itu adalah menghapuskan kotoran dalam hati dengan selalu mengamalkan zikirnya. Saya berterima kasih dan bersimpati pada Anda. Saran yang Anda sampaikan itu sangat baik. Untuk tarekat Sadziliyah, sudah saya buatkan kitabnya. Bentuk dan ukurannya yang kecil membuatnya mudah untuk dibawa. Bisa dibaca mulai dari halaman 15 sampai 26.