Saturday, May 5, 2007

Nenek Misterius Mengajarkan Al-Ikhlas

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Beberapa bulan yang lalu saya hampir putus asa, karena saya tidak dipercaya lagi oleh atasan tanpa diketahui apa alasannya. Maklum, suasana perusahaan tempat saya bekerja, banyak saingan yang saling cari muka dan menjatuhkan untuk mendapatkan posisi yang lebih bagus. Saya pun baru sadar bahwa saya kena fitnah.


Di tengah kebingungan dan keputusasaan itu, sepulang dari tempat kerja pada pukul 20.00 wib, saya bertemu dengan nenek berkerudung yang jalan menuju halte. Tidak tahu kenapa, nenek tersebut memberi nasihat agar setiap jam 24.00 wib saya shalat sunnah dua rakaat, dan bila sudah maka bacalah surah Al-Ikhlas sebanyak 40 kali sambil membayangkan wajah atasan atau sambil melihat fotonya. Kalau bisa, selama satu minggu jangan sampai putus. Pesan nenek asing itu, waktu membaca surah Al-Ikhlas jangan membaca bacaan yang lain. Saya tanyakan kenapa harus membaca surah Al-Ikhlas, bukan surah yang lain, nenek itu menjawab,"Saya cuma menjalankan perintah! Kalau mau tanya, ya tanya saja sama kiai atau ustad."


Ritus dari nenek tersebut saya jalankan sampai tujuh hari tanpa putus. Sekarang, alhamdulillah, hasilnya cukup mengejutkan. Atasan saya percaya lagi pada saya, bahkan saya dipercaya menjadi supervisor. Terima kasih, ya Allah, dan terima kasih saya untuk nenek misterius. Sampai sekarang saya mencari-cari nenek misterius tersebut, tetapi belum juga bertemu. Pertanyaan saya yang pertama, sewaktu saya tanyakan surat Al-Ikhlas, nenek itu bilang tidak tahu, beliau hanya menjalankan perintah. Menurut kira-kira nenek tersebut diperintah oleh siapa? Sampai sekarang saya ragu, nenek tersebut benar adanya atau gaib? Atas jawabannya saya haturkan terima kasih. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

S. Rochnawati

Jawaban:

Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh. Pertanyaan dan pengalaman Anda menarik. Banyak cara Allah membantu mengatasi kesulitan hamba-Nya. Misalnya, dengan perantara mimpi dan berbagai cara lainnya. Seperti yang Anda alami itu, yang secara tidak sengaja bertemu dengan seseorang yang lantas mengajarkan sesuatu kepada Anda untuk memecahkan masalah.


Di dunia ini, menurut istilah sufi, banyak wali, kekasih Allah, yang selalu membantu hamba Allah dalam menyelesaikan persoalan-persoalannya. Karena itu dilarang mencaci dan menghina orang, karena ditakutkan orang yang kita hina dan caci itu justru adalah seorang wali Allah. Menurut kami, orang yang datang secara tiba-tiba dan mengetahui persoalan Anda itu adalah seorang wali Allah yang memiliki kewaskitaan tinggi. Seorang wali, apakah wali qutub atau abdal, bisa saja berada di mana-mana, dan bisa membantu hamba Allah yang mengalami kesulitan.


Siapa yang memerintah nenek itu? Saya kira nenek itu sendiri, karena ia adalah seorang wali, yang mengetahui kebutuhan saudaranya. Perkataan nenek yang menyuruh Anda bertanya kepada seorang kiai atau ustad adalah isyarat bahwa yang ia anjurkan itu tidak melenceng dari sudut agama.


Lantas, bagaimana mencari nenek gaib itu? Bisa saja Anda membaca surah Al-Fatihah untuknya. Seorang wali akan merasakan terpanggil bila ada seseorang yang menghadiahkan bacaan tersebut kepadanya, dan siapa tahu, ia tergerak untuk menemui Anda. Dan, dalam hal ini ada sebuah hikmah bahwa jika Anda merasa berada pada pihak yang benar, maka Anda tidak perlu takut, karena yang benar akan selalu dimenangkan. Jika Anda membela yang benar, Allah akan membantu Anda, yang otomatis para wali, malaikat, serta jin-jin muslim, juga berdiri di belakang Anda.


Tentang manfaat surah Al-Ikhlas, harus diakui memang sangat besar. Dalam Hadist disebutkan, "Barang siapa membaca Qul Huwallahu Ahad sekali saja, maka Allah akan memberinya pahala seperti pahala seratus orang syahid." Dalam Hadist lain juga disebutkan, jika kita membaca Qul Huwallahu Ahad, maka Allah akan mengampuni kita atas dosa kita selama lima puluh tahun.


Dalam beberapa Hadist lain juga disebutkan bahwa membaca surah Al-Ikhlas tiga kali memiliki pahala seperti mengkhatamkan Al-Qur'an. Jika membaca surah Al-Ikhlas sebanyak 11 kali, kita akan dibangunkan sebuah rumah di surga. Banyak Hadist lainnya yang mengetengahkan keutamaan surah itu. Apalagi membaca surah Al-Ikhlas pada tengah malam setelah menunaikan shalat Tahajud atau shalat Hajat. Kami kira, pengalaman spiritual Anda ini sangat menarik. Dan, teruslah mendekat kepada Allah dengan memperkaya ibadah. Wassalamualaikum warahmatullahi wabara katuh.