Saturday, May 5, 2007

Tarekat Tanpa Nama

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Di kampung saya ada sebuah mushalah kecil yang setiap hari selalu mengadakan zikiran. Zikiran tersebut dipimpin seorang ustad dari sebuah daerah di Jawa Barat. Setelah saya tanya, pengurus mushalah itu mengatakan bahwa zikir itu adalah tarekat. Saya mencoba bertanya lagi, tarekat apakah itu? Pengurus mushalah tersebut mengatakan tarekat tanpa nama.

Saya jadi heran, mungkinkah ada terekat tanpa nama. Mungkinkah seseorang bisa menciptakan wirid sendiri dan kemudian menyebutkannya sebagai tarekat tertentu? Misalnya, nama saya Mubarok, dan kemudian saya membuat tarekat Mubarok. Bisakah hal itu? Mohon penjelasan. Wassalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh.

Imam Mubarok

Jawaban:

Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh. Lebih baik Anda tidak mengira-ngira masalah yang tidak Anda ketahui secara jelas. Tanyakan secara langsung pada ulama setempat, terutama ulama yang berkecimpung langsung di dalamnya. Yang jelas, tarekat tidak mungkin akan berdiri sendiri. Apalagi membuat nama sendiri. Ini harus dipegang dengan tegas.