Saturday, May 5, 2007

Jika Belum Mampu Ikut Thoriqoh

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Saya seorang fotografer sebuah media harian ibu kota. Setiap hari waktu saya selalu berkejaran dengan berita yang harus saya dapat. Tapi saya selalu berusaha melaksanakan shalat lima waktu. Sampai saat ini, saya belum dapat mengikuti tarekat, karena keterbatasan waktu yang saya miliki. Mohon jelaskan, adakah cara lain selain mengikuti tarekat sebagai sarana pendekatan diri kepada Allah. Lalu bagaimana jalan keluarnya bagi saya? Atas jawabannya, saya sampaikan terima kasih. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.

Wahyu S.

Jawaban:

Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh. Banyak jalan yang bisa Anda tempuh. Salah satunya adalah dengan membaca wirid. Karena, itu sarana pendekatan kita kepada Allah sebagai nilai tambah ibadah, selain shalat lima waktu. Ada yang menggunakan sarana bacaan-bacaan, khususnya jika Anda bertarekat.


Sedangkan peranan bacaan tarekat itu sendiri berbeda dengan bacaan yang lain. Kalau tarekat, mengkhususkan bagaimana cara membersihkan hati. Sedangkan bacaan-bacaan itu adalah nilai tambah pendekatan kita kepada Allah. Bagi orang yang belum sempat memasuki tarekat, hendaklah membiasakan diri selalu melaksanakan shalat disertai membaca beberapa bacaan. Itu termasuk nilai tambah pendekatan kita kepada Allah, di luar shalat.