Saturday, May 5, 2007

Mungkinkah Bertemu Malaikat?

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Yang ingin saya tanyakan di sini, mungkinkah kami bisa bertemu malaikat? Apakah ada doa tertentu untuk bisa bertemu dengan malaikat? Bagaimana hukumnya seseorang yang mengaku melihat malaikat? Dapatkah dipercayakah? Apakah sama kemungkinan melihat malaikat dengan kemungkinan melihat jin? Terima kasih. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.

Ridwan Amri

Jawaban:


Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh. Bertemu malaikat, kenapa tidak? Setiap orang bahkan didatangi Malaikat Israfil. Malah sudah setiap hari kita membaca doa tersebut. Salah satunya surah Al-Fatihah. Ihdinasy-syiratal mustaqim. Syiratalladzina an'amta 'alayhim. Kata 'alayhim itu termasuk minannabiyyin, wa siddiqin wa syuhada, walmalaikati ajmain (Para nabi, orang-orang benar, syuhada, dan para malaikat).


Jadi, pertanyaan Anda sudah masuk dalam surah AlFatihah. Lantas saya malah ingin bertanya, mengapa kita harus bertemu dengan malaikat? Mengapa tidak terlintas untuk ingin bertemu dengan Baginda Nabi (saw)? Mempercayai seseorang melihat malaikat termasuk boleh-boleh saja. Bisa saja dipercaya, dengan syarat orang tersebut benar-benar mengenal sifat para malaikat. Itu hak pribadi masing-masing, kami tidak bisa memaksakan. Tolok ukurnya hanya itu. Sebab misalnya orang mengaku bertemu si fulan atau wali ini atau wali yang itu, namun ilmu atau makrifatnya sendiri masih kurang. Apakah mereka bisa semudah itu mempercayainya?


Pertanyaan Anda yang terakhir itu jawabannya tidak bisa. Karena jin dibuat dengan sebab api. Sedangkan malaikat diciptakan oleh Allah dengan sebab cahaya. Selain itu dimensi malaikat lebih tinggi. Dilihat dari asal pembuatannya saja sudah berbeda.