Saturday, May 5, 2007

Amalan mencari Ilmu Laduni

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Saya ada pertanyaan singkat saja. Apakah ada amalan yang menjadikan pengamalnya bisa memiliki ilmu Laduni. Mohon jawabannya. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Zain H.A.

Jawaban:

Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh. Kita harus percaya, ilmu Laduni itu memang ada. Namun tidak mudah menggapainya, dan tidak sembarang orang bisa mendapatkan. Tata cara untuk mendapatkan ilmu Laduni itu juga ada dan bisa dilakukan.


Hal terpenting, kuatkan dahulu fondasi syarat mendapatkan ilmu Laduni. Bagai sebuah bangunan rumah, bila kita tidak membuat fondasinya terlebih dahulu, mana mungkin bangunannya akan kukuh. Termasuk letak ruangannya.


Pada dasarnya orang yang akan mendapatkan ilmu Laduni harus memiliki syarat seperti dikatakan Rasulullah, "Barang siapa bertakwa dan mendekat diri kepada Allah dengan baik, Allah (Swt) akan memberikan satu ilmu yang tidak diberikan kepada semua orang ('allamahullahu ma lam ya'lam)." Itulah salah satu syaratnya.


Sedangkan awrad atau serangkaian wirid yang bisa diamalkan untuk mendapatkan ilmu Laduni, banyak sekali. Di antaranya, shalawat Nabi, kemudian Asma al-Husna dengan membaca Ya 'Allam al-Ghuyub, Ya 'Alim, tapi tetap dengan keharusan tidak meninggalkan fondasi yang utama tadi. Yaitu, selalu bertakwa dan mendekatkan diri kepada Allah.