Saturday, May 5, 2007

Cara mempelajari Thoriqoh

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Saya tertarik untuk mempelajari tarekat. Adakah buku atau majalah yang bisa menjadi panduan untuk mempelajari tarekat, seperti tarekat Naqsabandiyah, tarekat Khalidiyah, tarekat Qodiriyah, terutama buku tentang tarekat Sadziliyah. Atas jawaban pengasuh, saya sampaikan terima kasih. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.

Abriman

Jawaban:

Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh. Buku-buku tarekat benyak sekali. Namun, maaf saja, di dalamnya masih terdapat banyak kelemahan. Antara lain, jumlah karya terjemahannya yang masih terbatas. Saya berusaha menerjemahkan kitab-kitab terekat itu. Baik dari tarekat Naqshabandiyyah, Qadariyyah, Sadzaliyyah, Khalidiyyah, Sattariyyah, Tijaniyyah, Khalwatiyyah, Idrisiyyah, maupun yang lainnya. Hingga saat ini, masih banyak kitab yang belum sempat diterjemahkan. Bahkan yang sudah diterjemahkan pun jumlahnya masih relatif sedikit. Saudara Abriman, cobalah nanti baca kitab yang namanya Mafatih Al-Aliyah yang sekarang ini tengah kami terjemahkan. Selain itu ada lagi buku Manaqib Thariqah Sadziliyah. Minimal itu dulu barangkali yang bisa dipelajari.


Tarekat Sadziliyah itu sebenarnya mudah dan tidak sulit untuk dipelajari. Ada dua syarat di antaranya, yaitu belajar dan mengajar. Suluk orang-orang Sadziliyah juga hanya dua yaitu mengajar dan belajar. Yang mampu harus mengajar dan yang tidak mampu harus belajar. Itu sudah menjadi syarat utama. Mengaji, belajar, dan seterusnya. Di samping itu dituntut juga pengamalan. Jadi yang namanya belajar tidak pernah berhenti bagi penganut tarekat. Dan mengajar pun tidak pernah berhenti. Bagi penganut seluruh tarekat, pada hakikatnya seperti itu.