Saturday, May 5, 2007

Amalan Wirid Untuk Depresi

Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh. Saya alumnus pondok pesantren di Pulau Jawa. Saya menderita depresi atau gangguan jiwa. Tepatnya sejak kenaikan kelas atau ujian di pondok pesantren di mana saya tinggal sebelumnya. Karena itu saya berhenti dari proses belajar di pondok pesantren itu.


Akibatnya, sampai saat ini saya masih dalam proses penyembuhan lewat cara minum obat secara rutin dari dokter. Proses penyembuhan lewat minum obat sudah berlangsung kurang lebih tiga tahun. Bisakah kiranya penyakit saya sembuh lewat amalan doa atau wirid? Jika ada amalannya, apakah yang harus saya amalkan atau wiridkan, guna mempercepat proses penyembuhan. Mohon kiranya mengijazahkan kepada saya amalan tersebut. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Zainul Arifin

Jawaban:

Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh. Pertama, harus diyakini, tidak ada satu penyakit pun yang tidak bisa disembuhkan, kecuali mati. Semua penyakit ada obatnya. Hanya terkadang belum kita temukan. Untuk doa, setiap habis shalat lima waktu, Anda bisa membaca Surah Al-Insyirah (Alam Nasyrah) sebanyak tiga kali. Sedangkan kalau malam, Saudara bisa membaca surah tersebut sebanyak 27 kali. Dan berusahalah agar tidak mengingat-ingat masa lalu, khususnya masa saat kegagalan itu terjadi.


Jadikanlah kegagalan itu emas. Artinya, kegagalan itu harus dijadikan cambuk untuk maju, bukan malah mundur. Jangan sekali-kali menyesali kegagalan. Dengan adanya kegagalan, kita harus berinstropeksi atas kekurangan yang ada pada kita, untuk maju ke depan lebih baik.


Selanjutnya kita juga harus menyadari, apa pun alasannya, manusia itu tempat kelemahan. "Kesempurnaan", baru didapat setelah kekurangan. Kekurangan adalah sarana untuk nnencapai kesempurnaan. Kembalikanlah segala persoalan kepada Allah (Swt), mintalah bimbingan, perlindungan, dan petunjuk dari-Nya.