Sunday, March 4, 2007

Kesadaran

Apakah yang dimaksud dengan kesadaran? Dalam konteks ini, kita membedakan antara 'sadar' dengan ‘terjaga’. Sadar terkait dengan 'menyadari' dan 'memahami' sesuatu yang terjadi pada dirinya atau lingkungan sekitarnya. Sedangkan terjaga adalah sekadar 'melek' alias tidak tertidur atau tidak pingsan.

Boleh jadi, seseorang yang terjaga tidak menyadari dan tidak memahami segala sesuatu yang terjadi pada dirinya. Atau lingkungan sekitarnya. Misalnya, pada orang yang sedang mabuk, orang yang sedang lupa, atau sedang melamun. Jadi, kita bisa memahami bahwa 'tersadar' dan ‘terjaga’ adalah kondisi berbeda.

Dalam dunia medis dikenal derajat kesadaran seseorang menurut skala Glasgow (Glasgow Coma Scale) yang mengukur kesadaran (conciousness) seseorang berdasarkan reflek pada mata, ucapan, dan motorik alias gerakan.

Seseorang dikatakan memiliki kesadaran penuh alias normal ketika reflek matanya memiliki nilai 4, respon verbal alias ucapannya memperoleh nilai 5, dan respon motoriknya bernilai 6. Sebaliknya, seseorang dikatakan telah koma (mati suri) jika semua nilainya 1. Baik pada respon mata, verbal, maupun motoriknya. Bagaimana cara menilai tingkat kesadaran tersebut? Bisa mengikuti pedoman dalam tabel berikut ini.